Membuat Efek Foto Menjadi Warna Cat (Tutorial Cool Watercolor Effects in Photoshop)




Gambar diatas adalah hasil final dari tutorial ini, untuk melihat gambar dalam ukuran penuh, klik gambarnya.



Buat dokumen baru dan 'layer' baru. Beri nama layernya menjadi "texture" dan 'fill' menggunakan Paint Bucket Tool (Shift + G) dengan warna putih. Pastikan warna foregroundnya putih dan backgroundnya hitam. Setelah itu klik Filter>Texture>Texturizer, pilih Canvas pada bagian Texture, 80% Scaling, 2 untuk Relief.
Watercolor Effects in Photoshop
Pilih gambar yang akan di edit, masuk kan ke lembar kerja. Foto yang ini bisa di download di link. Lalu hapus backgroudnya. Bisa menggunakan Path Tool (P) atau juga Polygonal Lasso Tool (L). Tip: Engga perlu terlalu sempurna, karena kita akan gunakan beberapa filter di tahap selanjutnya.
Watercolor Effects in Photoshop
Pilih layer yang ada fotonya, klik Image>Adjustments>Levels. Kita akan menaikan tingkat kontras, jadi putihnya lebih banyak. Jika sudah klik Image>Adjustments>Hue/Saturation, ubah Saturationnya jadi -65.
Watercolor Effects in Photoshop
Sekarang klik Filter>Artistic>Watercolor. Gunakan setelan seperti ini : Brush Detail 9, Shadow Intensity 0, and Texture 1.
Watercolor Effects in Photoshop
Pastikan layer fotonya masih terpilih, klik Layer>Layer Mask>Reveal All. lalu klik Brush Tool (B), warnai bagian badan dengan warna hitam.
Watercolor Effects in Photoshop
Kita akan menggunakan Bittbox Watercolor Brushes 2. Bisa di download di link ini.
Buat layer baru. Pilih Brush Tool (B), pilih pola brush yang dari BB Watercolor Brushes. Gunakan warna hitam. Sesuaikan ukuran brush dengan dokumen. Setelah itu putar dan sesuaikan. Ini untuk membuat efek warna cat untuk rambut menggunakan brush.
Watercolor Effects in Photoshop
Klik Layer>Layer Style>Blending Options. ubah Fill Opacity nya ke 0. Lalu pilih Color Overlay. Gunakan warna merah dan blend mode Multiply. Untuk Opacity atur menjadi 70%. Lalu pilih Satin. Gunakan blend mode Hard Light, warnanya ungu (#5d085c), Atur 20º untuk Angle, Distance 4px, dan Size 12px.
Watercolor Effects in Photoshop
Buat layer baru. Pilih brush lain dengan Brush Tool(B). Saya menggunakan Bittbox Brush yang ke 17. Konsepnya kita akan buat gaya rambut yang kreatif dan berbeda. Nah kalo begitu ayo kita buat. Di layer yang baru ini, buat sedikit brush tadi di tengah-tengah. Lalu sesuaikan lagi sehingga terlihat bagus. Pada bagian ini harus terlihat seperti rambut loh, kayak begini contohnya.
Watercolor Effects in Photoshop
Klik Layer>Layer Style>Blending Options. Ubah Fill menjadi 0. Klik Color Overlay. Gunakan Blend mode, biru (#002cec) untuk warnanya, dan jadikan 50% Opacitynya. Klik Satin. Gunakan setelan ini :  warna biru gelap (#065795) , ubah blend mode jadi Linear Burn, 100% Opacity, 19º Angle, 11px Distance, dan 14px Size.
Watercolor Effects in Photoshop
Kita kasih sentuhan sedikit nih dirambut. Kali ini pakai warna hijau. Buat layer baru lagi, pilih Brush Tool(B). Pilih model brus lain dari watercolor brush. Pilih yang paling terakhir, kecilkan ukurannya, lalu klik di lembar kerja. Setelah itu sesuaikan.
Klik Layer>Layer Style>Blending Options. Ubah Fill menjadi 0. Klik Color Overlay, pilih Multiply untuk blend mode, hijau (#18ff00), dan 100% untuk Opacity. Klik Satin. Gunakan setelan ini : Hijau tua (#0b9600), Darken untuk blend mode, 100% Opacity, 19º Angle, 4px Distance, dan 7px Size.
Watercolor Effects in Photoshop
Kita ulang lagi proses tadi. Bikin layer baru, pilih Brush Tool(B). Pilih model brush yang lain, kecilkan, dan klik di lembar kerja. Sesuaikan dengan diputar dan diatur ukurannya.
Ke blending option lagi Layer>Layer Style>Blending Options. Ubah Fill menjadi 0. Klik Color Overlay, gunakan blend mode Hard Light, kuning (#ffe400), 100% Opacity. Klik Satin. Gunakan setelan ini : kuning yang lebih gelap (#a2a406), Color Burn untuk blend mode, 100% Opacity, 19º Angle, 17px Distance, dan 73px Size.
Watercolor Effects in Photoshop
Pilih layer yang ada muka perempuannya. ganti blend modenya jadi screen. Buat sedikit modifikasi, seperti memberi efek kuasan di leher menggunakan brush dengan warna putih.
Watercolor Effects in Photoshop
Ketik tulisan yang kamu inginkan! Disini saya menulis Psdtuts+. Jika sudah klik Layer>Layer Style>Gradient Overlay. Buat gradasi dengan warna merah, kuning, hijau, biru. Gunakan 180º untuk angle dan Normal untuk blend mode.
Buat layer baru, pastikan layer baru ini berada di atas layer teks. lalu dengan Rectangular Marquee Tool, buat kotak warnai dengan warna putih. Setelah itu kita bisa gabungkan kedua layer ini (teks dan kotak).
Watercolor Effects in Photoshop
Sekarang kita gunakan efek ke teks. Klik Filter>Brush Strokes>Sprayed Strokes. Stroke Length 17, Spray Radius 0, Stroke Direction Vertical. Setelah itu klik Filter>Artistic>Watercolor. Gunakan setelan ini : Brush Detail 11, Shadow Intensity 0, texture 1. Ini akan membuat teks efek yang bagus, atau kalian bisa mencoba sendiri sehingga mendapatkan hasil yang optimal.
Watercolor Effects in Photoshop

Nah ini hasilnya, cukup mudah kan tutorialnya. Jika ada yang masih bingung bisa ditanyakan di komentar.
Watercolor Effects in Photoshop



Sumber : http://design.tutsplus.com/tutorials/create-cool-watercolor-effects-in-photoshop--psd-193

Komentar

Postingan Populer